Search

Memuat...

Page

Hari Nasional Jepang

Hari Anak-anak (Jepang)

Hari Anak-anak (こどもの日) adalah salah satu hari libur resmi di Jepang yang jatuh tanggal 5 Mei. Hari libur ini merupakan serangkaian hari libur di akhir April dan awal Mei yang disebut Golden Week (Minggu Emas) di Jepang. Hari Anak-anak diperingati untuk "menghormati kepribadian anak, merencanakan kebahagiaan anak sambil berterima kasih kepada ibu." Keluarga yang memiliki anak laki-laki juga memasang koinobori (bendera berbentuk ikan mas).


Susunan Koinobori         

Ryūdama (bola naga) : Bola yang bisa berputar dipasang di ujung paling
           atas tiang tempat mengibarkan koinobori.
Yaguruma    : Roda berjari-jari anak panah yang dipasang di bawah ryūdama. Ryūdama
         dan yaguruma dipercaya sebagai pengusir arwah jahat.
Fukiganashi : Sarung angin berhiaskan panji-panji lima warna (biru, merah, kuning, putih,  
                   dan hitam) melambangkan 5 unsur (kayu, api, air, tanah, dan logam), dan    
                   dipercaya sebagai penangkal segala penyakit.
Koinobori hitam (magoi) : Melambangkan ayah dikibarkan di bawah fukinagashi.
Koinobori merah (higoi)  : Melambangkan ibu
Koinobori biru                : Melambangkan putra sulung
Koinobori hijau              : Melambangkan putra kedua


Hari Ekuinoks Musim Gugur

Hari Ekuinoks Musim Gugur (秋分の日 Shūbun no hi) adalah hari libur resmi di Je yang jatuh sekitar 23 September ketika terjadi ekuinoks musim gugur.
Hari ekuinoks musim gugur merupakan saat memulai upacara Shūki Higan-e (Higan musim gugur)
yang berlangsung seminggu untuk mendoakan arwah leluhur. Higan merupakan saat membersihkan makam dan mempersembahkan kue ohagi (sebutan di musim gugur untuk kue botamochi) di altar keluarga.


Hari Ekuinoks Musim Semi

Hari Ekuinoks Musim Semi (春分の日 Shunbun no hi) adalah hari libur resmi di Jepang yang jatuh tanggal 20 Maret atau 21 Maret ketika terjadi ekuinoks vernal (titik musim semi).
Hari ekuinoks musim semi merupakan saat memulai upacara Shunki Higan-e (higan musim semi) yang berlangsung seminggu untuk mendoakan arwah leluhur.
Hari Hijau
Hari Hijau (みどりの日 Midori no hi) adalah salah satu hari libur resmi di Jepang yang jatuh tanggal 4 Mei.


Hari Kebudayaan

Hari Kebudayaan (文化の日 Bunka no hi) adalah hari libur resmi di Jepang yang jatuh tanggal 3 November bertujuan agar rakyat "mencintai kebebasan dan perdamaian, serta memajukan kebudayaan."


Hari Kedewasaan


Hari Kedewasaan (成人の日 Seijin no hi) adalah hari libur resmi di Jepang yang jatuh hari Senin minggu kedua di bulan Januari. Hari libur ini dimaksudkan untuk "merayakan generasi muda yang bisa hidup mandiri, dan menyadari telah menjadi dewasa." Makna dari hari kedewasan adalah merayakan laki-laki dan perempuan yang sudah mencapai usia dewasa menurut hukum (20 tahun).
Wanita menghadiri upacara dengan mengenakan kimono berlengan lebar yang disebut furisode dan alas kaki yang disebut zōri. Sedangkan pria mengenakan kimono formal berwarna gelap dan hakama.


Hari Olahraga dan Kesehatan (Jepang)

Hari Olahraga dan Kesehatan (体育の日 Taiiku no hi) adalah hari libur resmi di Jepang. Hari ini digunakan untuk "menumbuhkan rasa cinta pada olahraga, membentuk jiwa dan raga yang sehat".
Pada mulanya, hari libur ini ditetapkan tanggal 10 Oktober, tapi diubah menjadi hari Senin minggu kedua di bulan Oktober sejak diberlakukan Sistem Happy Monday.


Hari Pekerja

Hari Pekerja (勤労感謝の日 Kinrō kansha no hi) adalah hari libur resmi di Jepang yang jatuh tanggal 23 November. Hari libur ini untuk "menghormati buruh, merayakan produksi, dan saling mengungkapkan rasa terima kasih."


Hari Pembentukan Negara

Hari Pembentukan Negara (建国記念の日 Kenkoku kinen no hi, Hari untuk memperingati pendirian negara) adalah hari libur resmi di Jepang yang jatuh tanggal 11 Februari. Hari libur ini memperingati peristiwa Kaisar Jimmu naik tahta berdasarkan catatan Nihon Shoki dan Kojiki yang menurut perhitungan kalender solar terjadi 11 Februari 660 SM.


Hari Penghormatan Orang Lanjut Usia

Hari Penghormatan Orang Usia Lanjut (敬老の日 Keirō no hi) adalah salah satu hari libur resmi di Jepang. Hari libur ini dulunya diperingati tanggal 15 September, tapi sejak tahun 2003 dipindahkan ke hari Senin di minggu ke-3 bulan September mengikuti sistem Sistem Happy Monday.
Hari libur ini untuk "mencintai orang lanjut usia atas sumbangsih selama bertahun-tahun terhadap masyarakat, dan merayakan umur panjang."


Hari Peringatan Konstitusi

Hari Peringatan Konstitusi (憲法記念日 Kenpō kinen-bi) adalah salah satu hari libur resmi di Jepang yang jatuh tanggal 3 Mei untuk memperingati hari pelaksanaan konstitusi Jepang. Hari libur ini merupakan salah satu dari serangkaian hari libur di akhir April dan awal Mei yang disebut Golden Week (Minggu Emas) di Jepang.
Hari pengumuman konstitusi sekarang diperingati setiap tanggal 3 November sebagai Hari Kebudayaan. Hari ini untuk "memperingati pelaksanaan konstitusi Jepang, dan berharap atas kemajuan negara."


Hari Shōwa

Hari Shōwa (昭和の日 Shōwa no hi) adalah salah satu hari libur resmi di Jepang yang jatuh tanggal 29 April dan bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Shōwa. Hari libur ini ditetapkan pada tahun 2005 untuk menggantikan tanggal 29 April yang hingga tahun 2006 disebut Hari Hijau (Midori no hi), sedangkan Hari Hijau dipindahkan ke tanggal 4 Mei yang dulunya merupakan Hari Libur Nasional (Kokumin no kyūjitsu).
Hari Shōwa untuk "memikirkan masa depan negara dengan mengenang lewatnya hari-hari penuh pergolakan, dan tercapainya pembangunan kembali di zaman Shōwa."

0 komentar:

Poskan Komentar