Search

Page

Apa Itu Kampus Sehat?




Kampus sehat tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dari dua pihak. Pihak tersebut adalah lingkungan dan masyarakat yang tinggal di dalamnya. Jika dilihat dari sudut pandang lingkungan, agar terwujud kampus sehat lingkungan di sekitar kampus pun haruslah mendukung.
Mendukung disini contohnya seperti banyak pepohonan sehingga kampus terlihat asri. Lalu dilihat dari sudut pandang masyarakatnya, masyarakat harus mampu menjaga lingkungan kampus dengan baik. Hal itu bisa dilakukan dengan cara membuang sampah pada tempatnya atau tidak merokok di dalam kampus.

Kampus sehat mencakup lima konsep, yaitu sehat rohani, sehat jasmani, sehat intelektual, sehat lingkungan dan sehat sosial. Sehat rohani adalah sehat dalam hal kejiwaan seperti kondisi pikiran dan hati. Contoh cara menjaga kesehatan rohani yaitu lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan bersyukur atas nikmat-Nya. Dengan mendekatkan diri kepada sang pencipta akan memberikan ketentraman tersendiri kepada hamba-Nya. Dan dengan mensyukuri nikmat-Nya akan membuat kita tidak stres ketika kita dihadapkan dengan sebuah masalah, karena kita tau bahwa Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita.

Yang kedua adalah sehat rohani. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan rohani. Salah satunya adalah istiharat dan olahraga teratur. Dengan istirahat dan olaharaga yang teratur akan membuat tubuh kita bugar dan bebas dari penyakit. Selain itu kita juga harus menjaga pola makan kita. Kita harus pandai memilih dan mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Jangan lupa untuk makan-makanan yang bergizi, sesuai 4 sehat 5 sempurna.

Yang ketiga adalah sehat intelektual. Sehat Intelektual adalah sehat dalam wawasan dan bidang akademik. Seseorang dapat dikatakan sehat intelektual jika ia berpotensi dan kreatif. Kesehatan intelektual dapat diperoleh dari kehidupan sehari-hari, dari lingkungannya termasuk orang-orang disekitarnya. Untuk menjadi seseorang yang sehat intelektual kita harus memperluas wawasan kita tentang berbagai macam hal dan di berbagai bidang.

Yang keempat adalah sehat lingkungan. Sudah jelas bahwa kesehatan lingkungan dilakukan dengan menjaga kebersihan. Biasakan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Jangan membuang sampah disembarang tempat, apalagi di saluran air atau selokan. Karena dengan membuang sampah pada selokan akan menyumbat jalannya air sehingga air selokan akan meluap dan menyebabkan banjir juga menjadi sumber berbagai penyakit.

Yang terakhir adalah sehat sosial. Sehat sosial adalah kesehatan tentang hubungan antara manusia dengan manusia lainnya. Menerapkan 5 S, yaitu senyum, salam, sapa, sopan, dan santun merupakan salah satu cara dalam menjaga kesehatan sosial. Biasakan untuk menghargai sesama walaupun berbeda agama dan ras. Jangan biarkan perbedaan membuat kita terpisah karena sesungguhnya negara Indonesia adalah negara “bhineka tunggal ika” yang artinya berbeda tetapi tetap satu jua. 

0 komentar:

Posting Komentar